15 Februari 2012

Patung GWK sekarang, Penghinaan Terhadap Hindu?

Belum terselesaikannya patung GWk, yang dicanangkan akan menjadi patung tertinggi di asia tenggara, sedikit banyak memunculkan ironi. Kapan patung ini akan berdiri secara utuh? Terakhir, seorang teman malah berpendapat GWK yang ada sekarang, merupakan penghinaan terhadap terhadap Hindu, khususnya Dewa Wisnu.
Konsep dari patung itu adalah Dewa Wisnu yang mengendarai Garuda, yang memang adalah kendaraan Beliau. Yang ada sekarang, patung Garudanya saja belum utuh terbentuk. Bahkan patung Dewa Wisnu memiliki tangan yang tidak lengkap dan hanya setengah badan diletakkan di area tersebut. Bukankah patung itu mensimbolkan Dewa Wisnu? bagaimana mungkin hanya "dibiarkan" seperti itu, dengan tubuh yang tidak lengkap?
Teman saya berpendapat dengan kondisi seperti itu, mungkin Dewa Wisnu tidak akan bisa melaksanakan tugasnya secara maksimal sebagai pemelihara alam.. (wajar kalau agak kekeringan). Agak sedikit miris mendengarnya. Kalau memang akan dibentuk seperti itu, mungkin tidak masalah. Tapi konsepnya kan tidak seperti itu.
Agak memalukan, sambil tetap menunggu kapan patung ini selesai. Di awal milenium, saya dengar patung akan selesai tahun 2002. Sepertinya saya salah dengar. Mungkin yang dimaksud adalah tahun 2200.

(Tulisan ini adalah opini pribadi, bukan bermaksud untuk menyinggung atau menghina (apalagi menghina nama Tuhan). Hanya sekedar kepedulian, dan jika ada yang keliru, mohon dibetulkan :)

2 komentar:

  1. memang alangkah lebih baik kalau patung ini bisa selesai. . akan menjadi kebanggana Bali

    BalasHapus